Tutorial Cara Menggunakan Microsoft Outlook

Pada artikel kali ini akan dijelaskan cara setting Outlook hingga cara menggunakan Microsoft Outlook. Outlook merupakan produk email dari Microsoft. Sama seperti Gmail dan Yahoo mail, Outlook menawarkan fasilitas email secara gratis. Anda juga dapat mengupgrade nya menjadi versi premium agar sewaktu login pada akun email tidak ada iklan yang muncul. Proses membuat email outlook cukup mudah. Bahkan tanpa perlu melakukan verifikasi nomor telepon email tetap dapat dibuat.

Dari segi kemudahan pemakaian / user friendly, outlook mail juga mudah digunakan. Navigasinya simpel dan mudah digunakan bagi orang yang baru pertama kali mencobanya. Di Indonesia mungkin orang lebih banyak menggunakan ymail dan gmail sebagai emailnya dibanding outlook. Namun ini justru membuat outlook terlihat eksklusif. Berikut adalah tutorial cara menggunakan Mircrosoft Outlook.

Cara Menggunakan Microsoft Outlook

Kelebihan Email Outlook

  • Merupakan produk dari Microsoft, perusahaan IT yang sudah sangat terkenal didunia.
  • Simpel dan mudah digunakan / user friendly.
  • Terlihat lebih eksklusif.
  • Proses pembuatan mudah.
  • Sudah terintegrasi dengan Skype yang juga merupakan produk Microsoft.

Tutorial Cara Setting Outlook Email

Cara Setting Outlook

Sama seperti membuat Gmail, sebelum mengetahui cara menggunakan Microsoft Outlook kita perlu melakukan setting email outlook dengan membuat akun Microsoft. Akun ini di dalamnya sudah terdapat produk Microsoft termasuk layanan emailnya sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman outlook.live.com pada browser anda. Dibagian kanan atas ada tulisan Buat akun. Klik tulisan tersebut untuk setting email outlook pertama.
Cara Membuat Email Outlook

2. Kemudian akan muncul form kolom isian untuk nama email yang akan dibuat dan password. Untuk domain emailnya sendiri kita diberi pilihan 3 nama yang dapat digunakan yaitu outlook.co.id, outlook.com, dan hotmail.com. Pilihlah nama yang anda suka. Jika sudah diisi nama email dan password nya klik Berikutnya.

Cara Membuat Email Outlook

3. Selanjutnya akan diperintahkan untuk mengisi nama depan dan belakang. Jika sudah klik Berikutnya.

Cara Membuat Email Outlook

4. Pilih negara dan isi data tanggal lahir anda.

Cara Membuat Email Outlook

5. Selanjutnya akan diminta untuk mengisi kode captcha. Isi sesuai dengan kode yang muncul. Klik Berikutnya untuk melanjutkan.

Cara Membuat Email Outlook

6. Akan muncul tampilan yang berisi informasi-informasi seperti gambar dibawah. Klik tanda panahnya saja untuk melanjutkan.

Cara Membuat Email Outlook

Setelah selesai, outlook akan melakukan proses loading untuk masuk kedalam email. Email anda sudah jadi dan siap digunakan.

Cara Menggunakan Microsoft Outlook

 

Cara Membuat Email Outlook

Penggunaan email dari Microsoft Outlook sangatlah mudah seperti pada webmail-webmail lainnya. Pada sisi kiri / sidebar, terdapat menu Kotak Masuk, Email Terkirim, Sampah / Spam, Konsep / Draft dan juga Arsip. Untuk membaca email baru, Anda tinggal mengklik Email baru yang muncul pada halaman Kotak Masuk atau Inbox. Pesan yang masuk kadang mungkin tidak tampil di halaman ini, Anda bisa mengeceknya di Sampah / Spam.

Untuk mengirimkan email baru, Anda tinggal mengklik tombol Baru / New pada bilah atas. Selanjutnya Anda perlu mengisikan alamat tujuan email dan isi email sesuai keinginan Anda. Tampilan outlook sangat sederhana dan sangat mudah dimengerti sehingga Anda pastinya tidak akan menemukan kesulitan yang berarti dalam penggunaannya.

 

Cara Setting Outlook untuk Pemulihan Email

Dibawah ini adalah tampilan akun email outlook. Tutorial cara menggunakan Microsoft Outlook selanjutnya yaitu adalah cara setting Outlook untuk penambahan email alternatif atau email pemulihan. Sama seperti pada Gmail, email alternatif pada Outlook ini digunakan jika kita lupa password email atau jika akun kita terkunci dan membutuhkan verifikasi untuk login.

Kode yang dibutuhkan untuk memulihkan email atau verifikasi akan dikirimkan ke email kita yang lain. Berikut adalah cara setting Outlook-nya. Klik disebalah kanan atas pada bagian nama akun anda kemudian pilih Tampilkan akun.

Cara Membuat Email Outlook

1. Akan tampil Halaman akun Microsoft kita. Dengan membuat email Outlook baru berarti sama saja kita membuat akun microsoft yang didalamnya juga terdapat produk microsoft yang lain. Untuk melakukan setting email alternatif klik ke menu Keamanan.

Cara Membuat Email Outlook

2. Kemudian klik pada tombol Info Pembaruan

Cara Membuat Email Outlook

3. Silahkan lihat keterangan pada gambar yang tertera dibawah. Fasilitas ini membantu kita dapat mengakses akun kita kembali jika terjadi sesuatu sepertu lupa password maupun akun diakses di lain lokasi.

Ada dua pilihan untuk menambah info keamanan yaitu dengan menambahkan nomor telepon atau dengan menambahkan email alternatif. Pada contoh dibawah yaitu dengan cara menambahkan email alternatif. Pilih alamat email alternatif kemudian pada kolom dibawahnya isi dengan email anda yang lain kemudian klik Berikutnya.

Cara Membuat Email Outlook

4. Login dan buka email anda yang digunakan sebagai email alternatif tadi. Anda akan menerima email baru berupa kode keamanan.

Cara Membuat Email Outlook

12. Isi kode keamanan sesuai dengan yang anda dapatkan tadi kemudian klik Berikutnya. Jika masih gagal, lakukan permintaan pengiriman ulang kode.

Cara Membuat Email Outlook

5. Ada opsi selain menggunakan kode keamanan yaitu dengan menggunakan aplikasi di Smartphone. Anda dapat menyetingnya nanti dengan memilih Atur aplikasi nanti

Cara Membuat Email Outlook

6. Jika sudah berhasil, pada menu keamanan sudah tertera email lain yang Anda daftarkan sebagai email alternatif tadi. Misal anda lupa password atau anda tidak dapat login karena akun outlook Anda meminta verifikasi ulang, anda dapat meminta kode dikirimkan ke email alternatif anda dan kemudian lakukan penginputan kode seperticara diatas.

Cara Membuat Email Outlook

Kesimpulan

Itulah tadi tutorial cara menggunakan Microsoft Outlook hingga cara menambahkan email alternatif yang berfungsi agar pengguna dapat masuk kembai ke akun outlook jika mengalami lupa password. Outlook merupakan produk email dari Microsoft. Selain email Gmail dan Yahoo, email outlook juga banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Cara pemakaiannya yang mudah membuat outlook menjadi salah satu pilihan email yang disukai orang. Email merupakan sesuatu yang wajib harus dimiliki pengguna internet. Semua pendaftaran di dunia maya membutuhkan email. Email harus disimpan baik-baik dan passwordnya tidak boleh dibagi-bagikan ke orang lain.

Jika anda ingin membuat email ekslkusif dengan nama perusahaan sendiri, misal ([email protected]_perusahaan.com) dapat membaca artikel berikut:  cara membuat email dengan domain sendiri

Bergabung dengan tim webhostingterbaik semenjak website ini mulai dirilis. Selalu antusias mencari berbagai informasi dan membagikan informasi yang diketahuinya kepada semua orang melalui tulisannya secara lengkap.

Dapatkan posting terbaru :