Bagi anda yang baru belajar dan mengenal dunia internet mungkin masih belum tahu caranya membuat email. Pada artikel ini akan kami jelaskan langkah per langkah cara membuat email Gmail. Gmail merupakan salah satu produk dari Google yang memberikan layanan email gratis kepada penggunanya. Hampir dapat dipastikan kebanyakan orang di dunia dan disetiap negara menggunakan gmail sebagai layanan emailnya. Terlebih lagi Google telah menjadi raja mesin pencarian (search engine) dan menjadi perusahaan internet terbesar di dunia. Email sangat diperlukan di dunia maya ini karena semua registrasi pada suatu layanan website membutuhkan email. Ibaratnya email ini adalah identitas dan alamat milik anda sendiri. Semua notifikasi, informasi, keperluan surat menyurat, dan kegiatan lainnya secara online semua dikirimkan melalui email.

Cara Membuat Email Gmail logo

Alasan Menggunakan Gmail

  • Anda akan menggunakan produk Google (contoh: Youtube, Google Drive, Blogspot, Adsense, dan masih banyak lagi). Sebelum menggunakan produk-produk google tersebut harus memiliki Gmail terlebih dahulu.
  • Simpel, mudah, cepat.
  • Kuota email besar, disediakan 15GB per akun Gmail.

 

Langkah-langkah Cara Membuat Email Gmail

Google sudah menerapkan OpenID. Pengguna bisa masuk ke berbagai layanan Google hanya dengan satu identitas (ID) Google saja. Jadi, misalnya, sekali Anda masuk (login) ke Gmail, Anda bisa masuk ke layanan Youtube atau Google Maps tanpa perlu login ulang. Begitu pula ketika melakukan logout, cukup sekali melakukan proses logout, maka logout akan berlaku disemua produk Google.

Untuk pertama kali membuat email google berarti sama saja kita akan membuat satu akun Google yang didalamnya sudah terdapat semua produk Google termasuk layanan email Gmail. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman google.co.id pada browser anda. Dipojok kanan atas akan ada tulisan Gmail. Klik tulisan tersebut untuk mulai membuat akun Gmail.

Cara Membuat Email Gmail 1

2. Akan tampil halaman seperti dibawah. Mungkin saat anda mengakses sekarang, gambar atau tampilannya berbeda, itu dikarenakan Google selalu mengupdate produk-produknya. Namun intinya langkah-langkah cara membuat email gmail tetaplah sama. Lanjutkan dengan klik Buat Akun di pojok kanan atas.

Cara Membuat Email Gmail 2

3. Isi data-data yang diperlukan. Cukup simpel karena data yang diisi tidak banyak. Isian yang opsional dapat tidak diisi adalah "alamat email anda saat ini" dan "nomor ponsel". Namun untuk nomor ponsel, kadang setelah akun jadi, sistem tetap meminta anda melakukan verifikasi nomor telephone sebelum akun google dapat aktif digunakan. Jadi lebih baik diisi sekaligus agar tidak merepotkan dikemudian hari. Setelah data diisi klik Langkah berikutnya untuk melanjutkan.

Cara Membuat Email Gmail 3

4. Setelah pengisian data selesai akan keluar pop up halaman Privasi dan Persyaratan. Scroll ke bawah dan pilih Saya Setuju.

Cara Membuat Email Gmail 4

5. Selamat akun google dan email anda sudah jadi. Catat dan simpan baik-baik email dan password anda. Klik Lanjutkan ke Gmail untuk masuk ke akun email anda.

Cara Membuat Email Gmail 5

 

Setting Email Pemulihan Google

6. Inilah tampilan Gmail. Akun Gmail ini sudah dapat digunakan untuk mengirim dan menerima email. Sampai sini proses cara membuat emai Gmail sudah selesai.

Tahap berikutnya adalah setting tambahan agar akun anda tetap aman. Anda perlu melakukan Ini untuk antisipasi jika ada orang yang usil menghack akun anda maka dapat anda rebut kembali. Lihat dipojok kanan atas ada icon berupa kotak hitam kecil. Klik icon tersebut dan pilih Akun Saya.

Cara Membuat Email Gmail 6

7. Muncul tampilan halaman dari akun saya. Klik Login & keamanan.

Cara Membuat Email Gmail 7

8. Scroll ke bawah dan temukan opsi pemulihan akun. Disitu ada pilihan email pemulihan, klik opsi Tambahkan email pemulihan.

Setting Email Pemulihan Google

9. Masukkan email anda lainnya yang akan digunakan sebagai email pemulihan dan klik Selesai.

Email pemulihan dapat juga menggunakan email selain Gmail. Email pemulihan ini sangat berguna. Misalnya anda lupa password email atau akun Google anda terkunci karena diakses di beda tempat / beda perangkat. Maka untuk dapat mengaktifkan akun anda kembali dapat menggunakan email pemulihan untuk melakukan reset password maupun menerima kode verifikasi yang dibutuhkan untuk dapat login kembali ke akun anda.

Setting Email Pemulihan Google

10. Cek inbox email anda, akan ada email masuk notifikasi keamanan yang berisi pemberitahuan bahwa email pemulihan telah diubah.

Setting Email Pemulihan Google

 

Setting Telepon Pemulihan Google

11. Sama seperti cara setting email pemulihan diatas. Ke menu Akun Saya >> Login & Keamanan >> Telepon Pemulihan. 

Karena waktu cara membuat email Gmail diawal tadi kita sudah memasukkan nomor ponsel ketika mendaftar akun. Maka nomor tersebut otomatis muncul pada menu disini namun statusnya belum diverifikasi. Jika diawal pendaftaran tadi anda tidak memasukkan nomor telepon maka dapat langsung menambahkannya disini juga.

Jika nomor sudah benar, klik verifikasi sekarang

Setting Telepon Pemulihan Google

12. Akan muncul pop up verifikasi nomor telepon. Cek kembali nomornya, jika sudah benar klik Dapatkan Kode. Pastikan nomor dan ponsel anda aktif sebelum melakukan tahap ini.

Setting Telepon Pemulihan Google

13. Anda akan menerima sms dari Google yang berisi kode untuk melakukan verifikasi telepon.

14. Masukkan kode verifikasi tersebut ke halaman pop up verifikasi nomor telepon tadi.

Setting Telepon Pemulihan Google

15. Setelah berhasil, maka tulisan nomor telepon belum diverifikasi akan hilang dan akan muncul notifikasi nomor telepon telah diverifikasi.

Setting Telepon Pemulihan Google

 

Kesimpulan

Itulah tadi langkah-langkah cara membuat email Gmail hingga cara menambahkan email pemulihan dan melakukan telepon verif. Email merupakan sesuatu yang penting di Internet. Semua registrasi akun sosial media, akun forum, akun internet banking, dan akun lainnya semua membutuhkan email. Jadi jika email anda diambil alih orang lain maka akun-akun lainnya yang pendaftarannya menggunakan email tersebut akan terancam diambil alih juga. Jadi simpan baik-baik email dan password anda.

Tips agar data email dan password anda tetap aman:

  • Jangan berikan sembarangan akses email dan password anda ke orang lain.
  • Lakukan login pada perangkat anda sendiri. (bukan laptop/pc/smartphone milik orang lain atau umum).
  • Gunakan jaringan WIFI anda sendiri saat mengakses email (WIFI gratisan sangat rawan pencurian data).

Baca juga: Cara membuat email dengan domain sendiri

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.
Get new blog posts by email: