Langkah-Langkah Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Cara membuat email dengan domain sendiri cukup mudah dilakukan. Yang dibutuhkan adalah paket hosting dan domain aktif. Jika anda bekerja pada suatu perusahaan, maka wajib menggunakan email perusahaan agar terlihat profesional dan kredibel. Contoh, anda memiliki usaha toko roti bernama jogja bakery. Belilah sebuah domain dengan nama jogjabakery.com dan buatlah email pribadi anda dengan nama [email protected] Bagus bukan?, dari segi nama email anda sudah terlihat lebih profesional dan meyakinkan pelanggan dibanding menggunakan email gratisan seperti @gmail, @yahoo, maupun lainnya. Terlebih lagi bagi perusahaan besar dan lembaga pemerintah. Penggunaan email dengan domain sesuai dengan nama lembaga merupakan sebuah keharusan. Jika perusahaan besar masih menggunakan email gratisan, patut dipertanyakan kredibilitasnya.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Untuk membuat email dengan domain sendiri, yang dibutuhkan adalah hosting dan domain yang aktif. Anda dapat membelinya di perusahaan hosting. Berikut adalah rekomendasi kami hosting terbaik di Indonesia. Jika anda berada di Indonesia lebih baik menggunakan paket hosting dan domain dari perusaaan hosting yang di Indonesia. Alasan utamanya karena kemudahan pembayaran. Jika membeli melalui perusahaan hosting di Indonesia kita dapat membayarnya menggunakan mata uang rupiah.

Pada contoh kali ini saya akan mencontohkan membuat akun email dari hosting yang dibeli di Hostinger Indonesia. Untuk mengunjungi websitenya dapat melalui link berikut: Hostinger Indonesia.

  1. Belilah paket hosting yang sudah mendapatkan gratis domain agar lebih menghemat pengeluaran. Pilih juga paket yang menawarkan pembuatan akun email tak terbatas (unlimited) agar anda bebas membuat akun email berapapun yang anda inginkan.
Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

2. Setelah anda melakukan order paket hosting dan melakukan pembayaran, hosting anda akan segera aktif. Anda akan mendapatkan akses ke client area/member area. Silahkan Login ke member area di perusahaan hostingnya kemudian pilih menu Hosting.

Pilih akun hosting yang akan anda gunakan kemudian klik Kelola.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

3. Lihat pada bagian Email. Kemudian pilih Akun Email.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

4. Cek pada bagian Buat Akun Email Baru. Isi Email, Password, dan Nama Domainnya. Perhatikan gambar dibawah. Jika semua sudah diisi, klik Buat.

Sebagai contoh disini saya memiliki domain dengan nama flyingmonkeys.xyz. Kemudian saya ingin membuat email dengan nama “danyliuk”. Jika saya menggunakan domain tersebut untuk dijadikan email, maka email saya akan menjadi: [email protected]

Jadi bukan lagi @gmail.com atau @yahoo.com.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

5. Akun email yang sudah dibuat akan muncul pada list email dibawahnya. Klik tombol Email untuk membuka email anda.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

6. Tampilannya seperti aplikasi email pada umumnya, ada folder kotak masuk, draft, email terkirim, sampah dan sebagainya. Anda dapat mengirim dan menerima email melalui halaman email ini. Cara penggunaannya sama seperti menggunakan email gmail maupun yahoo. Cukup mudah bukan.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Cara diatas adalah cara mengakses email melalui member area jika Anda memiliki akses ke member area sebagai pemegang hostingnya.

Cara Akses Email Melalui Webmail

7. Jika kita membuatkan email untuk user lainnya. User tersebut tidak perlu diberikan akses login ke member area. Mereka dapat langsung mengakses email melalui halaman webmail1.hostinger.co.id dan melakukan login akun emailnya dari sana.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Jika anda menggunakan hosting di provider lain mungkin caranya sedikit berbeda dan butuh penyesuaian. Namun kurang lebih intinya sama. Gunakan hosting yang mendukung pembuatan akun email dan buat akun email melalui client area/member area seperti contoh diatas.

Kesimpulan

Email dengan nama domain sendiri merupakan email berbayar dan terlihat eksklusif dibanding menggunakan email gratisan. Cara membuat email dengan domain sendiri membutuhkan hosting dan domain yang masih aktif. Agar kedepannya lebih mudah dalam pengelolaannya, pilihlah paket hosting yang memperbolehkan anda membuat unlimited email. Selain itu paket hosting dengan gratis domain dapat menghemat pengeluaran anda. Untuk mendapatkan paket hosting dan domain seperti contoh diatas dapat mengunjungi situs resminya disini:
Hostinger Indonesia

Jika anda baru pertama kali dan baru akan menggunakan layanan hosting, dapat membaca terlebih dahulu ulasannya secara lengkap pada halaman berikut: Review Hostinger Indonesia.

Selamat mencoba!

Bergabung dengan tim webhostingterbaik semenjak website ini mulai dirilis. Selalu antusias mencari berbagai informasi dan membagikan informasi yang diketahuinya kepada semua orang melalui tulisannya secara lengkap.

Dapatkan posting terbaru :