Daftar Domain Gratis dalam 4 Opsi Besar Ini! (2019)

Avatar

Redaksi

6 comments

2019-April-4th at 3:12

Cara mendapatkan domain gratis 2019

Di tahun 2019, nama domain gratis sudah bukan hal baru. Namun, tetap saja melegenda. Domain gratisan menjadi ranah baru di bisnis domain, sehingga pengguna tidak melulu harus merogoh kocek untuk beli domain berbayar. Ini memperkuat sisi esensial domain dalam teknis pembuatan situs web.

Di tahun 2018 sendiri tercatat ada 5,2 juta website baru. Hal ini menambah faktor demand untuk jenis ekstensi domain tertentu. Dan di saat yang sama, orang berbondong-bondong mencari cara memiliki domain secara cuma-cuma.

Berikut ini sejumlah opsi sumber domain gratisan:

  • Program kerjasama domain gratis: contohnya oleh Freenom
  • Promosi TLD (Top-level domain) gratis: misalnya, oleh program Students Coupon dari get.tech
  • Bonus domain dari provider hosting: contohnya oleh GoDaddy, Hostinger atau Niagahoster.
  • Opsi subdomain: ini ditawarkan oleh layanan website builder atau CMS seperti WordPress.com atau Wix.

Domain seperti apa yang bisa Anda dapat dari opsi-opsi tersebut? Yang pasti, antara satu dan yang lain tidaklah sama.

Mari kita lihat satu persatu dalam daftar domain gratis berikut.

1. Program Domain Gratis Freenom

Laman Domain Gratis FreenomJenis Domain: gTLD (.tk, .ml, .ga, .cf, .gq)

Freenom adalah provider domain gratis pertama di dunia. Misi mereka adalah menghubungkan lebih banyak orang ke internet. Program 'free domain' ini bertujuan membantu banyak negara mengembangkan ekonomi digitalnya.

Domain gratisan ini berfungsi sama seperti nama domain lainnya. Anda bisa memakainya untuk website, blog, hingga alamat email. Secara lebih teknis, Freenom juga menawarkan apakah domain Anda nantinya dijalankan via URL Forwarding, Freenom DNS Service (gratis) atau DNS Servers Anda sendiri.

2. Student Coupon get.tech

Laman Domain Gratis Get.TechJenis domain: gTLD (.tech)

Anda bisa mendapatkan domain .tech dari laman get.tech. Domain .tech adalah salah satu gTLD (generic top-level domain), yang berarti sejajar dengan ekstensi .com. Domain ini tergolong masih cukup muda karena baru diluncurkan pada 21 Maret 2015.

Pengembang .tech mengklaim ekstensi ini akan menjadi pengganti .com di masa depan. Klaimnya didasari oleh perkembangan teknologi secara eksponensial, alias sangat pesat.

Cara mendapatkan domain gratis .tech ada prosedurnya.

Syarat utama adalah Anda wajib memiliki akun email berekstensi .edu, yang biasa bisa didapatkan apabila Anda adalah mahasiswa suatu universitas atau menjadi pengajar/staf dari institusi pendidikan.

Alamat email ini nanti bisa ditukar kupon ‘Students’ yang akan memangkas harga domain .tech ($24.88 atau Rp358.272,-) menjadi 0 rupiah, alias gratis.

3. Hosting Gratis Domain dari Provider Hosting

Tahukah Anda: provider hosting murah Indonesia bisa memberi domain gratisan kalau Anda menyewa hosting untuk periode minimal 12 bulan?

Dengan sewa hosting langsung untuk 12 bulan ke depan (atau seterusnya), Anda akan dapat 1 domain baru gratis. Ini biasa dipasarkan sebagai promo hosting gratis domain. Cukup menarik, karena pengguna hosting baru tidak perlu membeli nama domain secara terpisah.

Mana saja hosting dengan promo semacam ini?

Ini dia.

GoDaddy Indonesia

Laman GoDaddy IndonesiaJenis domain: gTLD (.club, .com, net, .xyz, org, .co)

GoDaddy adalah provider hosting internasional dengan reputasi top. Dia memberi gratis 1 domain baru tiap pembelian paket hosting untuk 12, 24, atau 36 bulan.

Namun, nanti ada biaya registrasi ICANN Rp2.727 per nama domain per tahun.

Anda bisa pilih nama domain dan menyertakannya saat pembelian paket hosting GoDaddy Indonesia. Anda juga bisa memilih apakah waktu domain sama atau kurang dari periode penyewaan hosting Anda.

Cara membuat free domain hanya berlaku untuk jangka waktu pembelian awal. Setelah jangka waktu pembelian awal, domain yang dibeli melalui penawaran ini akan diperpanjang dengan harga yang berlaku pada saat itu.

Hostinger Indonesia

Laman Domain Gratis Hostinger IndonesiaJenis domain: gTLD (.website, .site, .online, .store, .tech, .store)

Hostinger adalah satu brand hosting global terkemuka yang punya sepak terjang di Indonesia.

Di Hostinger Indonesia, 6 ekstensi domain gTLD (.website, .site, .online, .store, .tech, .store) bisa didapatkan secara gratis.

Anda hanya dikenai biaya registrasi ICANN sejumlah Rp10.819,- per nama domain. Untuk opsi ini, Anda bisa langsung checkout dan mendapatkan nama domain, tanpa harus membeli paket hosting dari Hostinger.

Ada 1 alternatif lainnya.

Anda bisa mendapat domain gratisan dengan ekstensi gTLD (.com atau .net) jika membeli paket hosting dari Hostinger Indonesia. Syaratnya, paket hosting harus dipesan untuk minimal 1 tahun atau lebih.

Niagahoster

Laman Domain Gratis NiagahosterJenis domain: ccTLD Indonesia (.co.id, .web.id)

Program Bagi-Bagi Domain Gratis Niagahoster berisi tawaran domain ccTLD lokal (.co.id dan .web.id) yang bisa didapatkan secara cuma-cuma dengan mekanisme sederhana, yaitu via follow FB dan formulir pendaftaran.

Anda hanya perlu Like & Share Facebook Page Niagahoster terlebih dahulu. Kemudian, lengkapi identitas Nama, Alamat Email, Nama Perusahaan (jika menginginkan ekstensi .co.id) dan Nomor Telepon. Nantinya, untuk ekstensi .co.id, pendaftar perlu menyertakan SIUP/TDP dan Surat Kepemilikan Merk (bila ada).

Program ini bersifat kompetisi. Anda mendaftarkan untuk mengikuti undian; pemenang akan ditentukan Niagahoster dan diumumkan di website resmi Niagahoster. Pemenang juga akan mendapatkan 4 e-book gratis panduan menarik pengunjung dan digital marketing.

4. Subdomain Gratis

Sepertinya, saya perlu juga memasukkan juga level domain gratisan ini. Subdomain.

Subdomain adalah nama website yang menginduk pada suatu domain (TLD). Contohnya adalah subdomain dari website builder atau CMS seperti WordPress.com, atau Wix.

Jika unsur ‘gratisan’ adalah yang Anda cari, Anda patut mempertimbangkan memiliki subdomain.

Subdomain biasanya disediakan gratis, melengkapi hosting gratis dari provider terkait.

Change your subdomain owl

Misalnya, Anda ingin membuat website bernama ‘Jalan-Jalan Pagi’, Anda bisa membuat website secara gratis di situ, dan subdomain (www.jalanjalanpagi.wordpress.com) tanpa perlu membayar apapun. Namun, nama domain yang diberikan 100% terikat pada layanan tersebut.

Seluruh konten, tema, komentar yang masuk, berada dalam database website builder. Anda hanya menumpang subdomain dalam domain utama (wordpress.com atau wix.com).

Cara ini mungkin bisa berguna bagi Anda, tergantung jenis situs apa yang Anda buat. Namun, saya rasa jika Anda membuat website bisnis atau blog dengan sistem monetasi, nama domain penuh akan lebih menguntungkan dan memberi Anda lebih banyak keleluasaan dalam mengelola situs.

Domain Gratis - Kok bisa?

Nah, di atas tadi daftar free domain Anda.

Mungkin semua ini menggelitik Anda: bagaimana teknisnya sehingga bisa ada domain gratisan?

Untuk Anda yang belum tahu,

Sejak proliferasi (perkembangan pesat) Internet, nama domain bukanlah barang gratisan. Domain adalah produk internet service dengan label harga cukup kompetitif.

Ekstensi domain, terutama domain TLD global (.com, .org, atau .net) berjumlah terbatas. Demi menjaga ketersediaan domain (supply & demand), provider domain mematok harga standar untuk nama domain.

Sebagai gambaran, harga domain .com terbaru adalah Rp98.219.

Harga domain dotcom

Namun, hal ini tidak menutupi kemungkinan domain gratis.

a. Program Mempopulerkan Domain Baru

Salah satu faktor program free domain adalah bahwa nama domain tersebut masih baru.

Program 1 juta domain pandi

Di tahun 2015, Menkominfo Indonesia merilis program 1 Juta Domain .ID.

Melalui PANDI program domain gratis ini dijalankan untuk mendorong UKM dan web developer anak negeri agar menciptakan jaringan data dan akses informasi lokal yang kuat dan cepat.

Bisa dibayangkan betapa legit-nya promo ini. Per Agustus 2018 sendiri, program ini sudah tidak menyisakan kuota. Lebih-lebih, angka 1 juta sendiri sudah tercapai beberapa bulan sejak program tersebut dirilis.

Hal serupa juga melatarbelakangi program free domain Freenom. Domain mereka adalah .tk, .ml dan lain-lain. Proyek ini bertujuan memajukan ekonomi digital di negara-negara berkembang. Misalnya, di kepulauan Polinesia.

b. Domain Gratis karena Banyaknya Jumlah Customer Hosting

Hal berbeda terjadi di dalam provider hosting.

Web hosting provider punya basis layanan dan customer yang solid. Banyaknya customer diminati oleh pihak domain registrar (badan pencatat nama domain) yang pada akhirnya rela mengucurkan dana untuk suatu keperluan, misalnya guna mempopulerkan TLD tertentu (seperti dilakukan Freenom dengan ekstensi dot.TK).

Domain gratis .tk .ml .ga

Penyedia hosting bisa bekerja sama dengan registrar domain terkemuka guna menyediakan opsi daftar domain gratis. Mekanismenya, jika Anda membeli suatu paket hosting, Anda akan mendapatkan nama domain  yang Anda mau selama jangka waktu tertentu (umumnya, 1 tahun). Di sini, masing-masing penyedia hosting memiliki Syarat & Ketentuan masing-masing.

Kerja sama di atas menghasilkan revenue cukup tinggi, sehingga kelebihannya bisa untuk mendanai program domain gratisan, yang pada akhirnya memberi pengalaman positif bagi customer hosting provider itu sendiri.

Apa Kelemahan Domain Gratis?

Nah, berikut adalah sejumlah isu yang mengemuka terkait penggratisan nama domain.

Anda bebas melihatnya sebagai kelemahan, jebakan atau sekadar ‘aturan main’ dari pilihan ini.

a. Hanya diberikan hak guna, bukan lisensi.

Domain gratis tidak memiliki aspek kepemilikan seperti domain berbayar. Seperti dijelaskan pada web resmi Freenom:

Pendaftar bertindak sebagai pengguna nama domain, bukan sebagai pemegang lisensi.

Di sini, Freenom memegang lisensi domain gratis Anda, meskipun secara riil Andalah yang menggunakan. Dengan begitu ada sejumlah konsekuensi. Identitas Anda tidak akan muncul di WHOIS sebagai pemilik domain. Anda juga tidak diberi hak untuk men-transfer domain tersebut.

b. Harus rutin perpanjangan domain.

Teorinya, satu kali registrasi domain gratis tidak berlaku untuk seumur hidup. Entah untuk ekstensi .com atau TLD lainnya.

Kesempatan gratis domain biasanya diberi periode waktu (umumnya, 1 tahun). Tidak ada domain yang gratis selamanya. Selepas periode itu, lumrahnya, akan mulai dibebankan harga normal. Logikanya, Anda jadi harus berpindah-pindah hosting provider khusus untuk memanfaatkan kesempatan 1 tahun gratis domain.

Semacam mencari suaka domain, bukan?

Domain gratis dan paket hosting

Agar maintenance website tidak merepotkan Anda, saya lebih menyarankan Anda membeli layanan berbayar yang baik, yang memberikan layanan yang kredibel dan bisa diandalkan.

c. Ekstensi domain tidak terkenal.

Kepopuleran ekstensi domain membantu pengunjung mengingat nama website Anda.

Domain .com adalah yang paling populer saat ini. Namun, jarang atau tidak ada opsi untuk domain .com gratis dari registrar manapun.

Pilihan yang tersedia adalah domain gTLD yang belum terlalu banyak dipakai. Selain bahwakurang dikenal, sebenarnya domain baru ini tak memberi dampak secara performa. Semua kembali pada server hosting Anda. Jadi, meski administrator domain Anda ada di Polinesia, tak ada bedanya jika kantor administrator ada di Singapura atau di manapun.

domain gratis freenom

Malahan, domain baru ini bisa jadi investasi. Ada kemungkinan suatu domain makin populer ke depannya. Lagipula, tidak ada yang menyangka, kan, kalau domain dotcom akan sepopuler ini sekarang?

Kesimpulan Domain Gratis

Opsi domain gratisan ini bukanlah omong kosong. Ada 4 pilihan cara. Misal, lewat promo free domain, beli hosting gratis domain atau bisa juga dengan subdomain.

Namun, meski hemat, domain gratis punya beberapa kelemahan. Dalam penggunaan jangka panjang, kurang realistis mencari domain gratis seumur hidup. Untuk ini, Anda lebih baik beralih ke domain berbayar. Sebaliknya, opsi gratis domain akan lebih optimal jika dimanfaatkan untuk proyek-proyek jangka pendek atau blog pribadi.


Avatar
Redaksi

Redaksi


Hostinger logo
9.7 /10
9.5 /10
7.0 /10
Leave a Comment

6 comments

Nurfida Azalia picture
Nurfida Azalia

2019-Februari-28th

Gw punya 4 website yang pake domain gratis. Karena emang niatnya cuma buat iseng2 aja sih, makanya gak terlalu mikir jauh. Tapi ada 1 web yang ternyata traffic naek (gatau kenapa, padahal kontennya cuma curhatan gw xixixi). Terus gw bingung mo gw beli ato gak itu domain. Jadinya gw belum tahu, kalo ganti host, ntar angka visitor ke domain itu jadi nol lagi yah? Ato gimana?

Dewi Durgalestari picture
Dewi Durgalestari

2018-November-12th

Domain gratis, tapi tep harus sewa hosting ya, Bli.

Komar Lukito picture
Komar Lukito

2018-November-12th

Dulu ekstensi .com belum tenar, belum banyak dicari. Terus mulai banyak yang pasang dotcom. Akhirnya, dotcom jadi ‘emblem’ internet, padahal internet lebih luas dari dotcom (dotnet, doto-er-ge, dsb). Barangkali akan terjadi di .tk atau dot dot lainnya? Sapa tahu. Kalau saya, ini saya anggap sebagai peluang saja. Dapetin domainnya sekarang, mumpung masih gratis.

Rina Norina picture
Rina Norina

2018-November-12th

.tk? Kayaknya cocok buat tk saya Hahahahaha

Joko Asdha picture
Joko Asdha

2018-November-12th

Mending bayar, daripada gratisan tapi entar perlu ngebalikin domainnya ke hosting kalo pindah…

Yoni Bawono picture
Yoni Bawono

2018-November-12th

.tech gratis, tapi harus bisa basa inggris (buat daftarnya). .tk juga gratis, dan harus bisa basa inggris juga. Jadi…mo ga’ mau kalo cari gratisan, harus bisa basa inggris.