Tentang Alat Cek Pemilik Domain

Apa itu WHOIS? sering dieja sebagai "'who is", istilah teknis populer ini memiliki pengertian sebagai tanda yang dimiliki dari sebuah website yang online di internet. Informasi yang terdapat dalam ini pada umumnya meliputi informasi kepemilikan dari pemilik domain website tersebut.  Secara lebih mendetail informasi-informasi kepemilikan websiter tersebut meliputi mulai dari nama lengkap, nama organisasi, alamat email, no telepon, alamat lengkap, registrar tempat domain didaftarkan, tanggal pendaftar, tanggal kadaluarsa, alamat IP hosting dan sebagainya. Dalam data ini juga, Anda bisa melakukan cek domain untuk mengetahui umur website tersebut semenjak pertama kali digunakan.

Fungsi dari data ini cukup penting. Karena itu, dalam setiap pembelian domain baru, Anda diharuskan mengisi data untuk WHOIS. Kegunaan pertama adalah menjaga kestabilan dan keamanan internet apabila suatu waktu terdapat hal yang bermasalah dengan website, ada kontak yang bisa dihubungi. Kedua, yaitu sebagai informasi ketersedian dari domain tersebut apakah sudah dipakai orang lain atau belum. Hal ini untuk menghindari penipuan dan juga penggunaan dua domain oleh orang yang sama. Selanjutnya untuk memudahkan tindakan hukum jika pemilik domain melanggar hukum di wilayah setempat, misalnya domain website digunakan sebagai media teroris, pornografi atau tindakan ilegal lainnya. Kegunaan keempat yaitu memfasilitasi pencarian hak cipta dan hak kekayaan intelektual lainnya. Dan terakhir adalah memberikan kepercayaan kepada pengunjung website.

Data pemilik website bisa dilihat menggunakan tools WHOIS Lookup. Pada awalnya, tools lookup ini hanya bisa digunakan dengan perintah command line. Namun, Anda sekarang tidak perlu susah-susah lagi menghapal baris-baris kode command line tersebut untuk menge - cek pemilik domain, karena di halaman ini kami telah tersedia fasilitasnya dengan tampilan yang mudah dipahami dan juga proses yang cepat. Gunakan tools ini untuk melihat siapa sebenarnya pemilik dari sebuah website yang Anda temukan di Internet. Setelah mendapatkan informasinya Anda bisa memanfaatkan informasi yang Anda temukan seperti alamat email untuk menghubungi pemilik website.

Jika Anda penasaran terhadap suatu website tertentu dan ingin cek domain nya siapa, tinggal tuliskan nama domain yang ingin Anda cek pada kolom pencarian data WHOIS di atas. Klik "Periksa", dalam sekejap sistem kami akan mencoba mengambil semua informasi data WHOIS yang bisa didapatkan. Beberapa domain didaftarkan dengan memiliki fitur keamanan tambahan  yang apabila diaplikasikan, informasi mengenai pemilik domain yang bisa sistem kami peroleh bisa jadi tidak selengkap biasanya. Domain seperti ini dilindungi dengan fasilitas privacy and protection tambahan tersebut dan hanya pihak yang berwenang yang bisa melihat data kepemilikan domain tersebut.

Tak hanya Top Level Domain luar negeri seperti .com, .net, .info dan lainnya, Anda juga cek pemilik domain / WHOIS Indonesia yang berakhiran .id. Domain .id cukup spesial karena yang mengelola adalah dari komunitas internet di Indonesia sendiri yaitu PANDI yang bekerja sama dengan Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO). Data WHOIS Indonesia ini jarang dan sulit ditemukan pada situs cek WHOIS lainnya. Satu-satunya tempat untuk cek pemilik domain Indonesia selain di sini hanya ada di situs resmi PANDI sendiri.

Perlu diperhatikan, harap untuk selalu menggunakan dan memanfaatan tools ini dengan bijak. Begitupula dengan informasi pemilik domain yang didapat.