Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis dan Kelebihan Menggunakan Cloud Server


Semakin hari beban laptop semakin bertambah hingga membuat sistem bekerja sangat lamban. Namun tenang, karena kecanggihan teknologi telah menjawab itu semua dengan adanya cloud server. Kehadiran Cloud server memudahkan semua orang untuk menyimpan data-data dengan sangat praktis dan aman. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak peminat cloud server. Sehingga tidak heran apabila ada banyak perusahaan mulai memberikan pelayanan di cloud server Indonesia. Bagi Anda yang baru tahu tentang cloud server dan ingin mengenalnya lebih jauh, Anda dapat langsung simak informasinya pada artikel di bawah ini.

Apa itu Cloud server?

Membaca dari kata ‘cloud’ dan ‘server’, pasti Anda sudah bisa menebak arti katanya. Namun, bagaimana kalau istilah cloud server? Singkatnya, cloud server adalah  ruang penyimpanan virtual yang mudah diakses hanya dengan memanfaatkan jaringan internet. 

Selain itu, cloud server juga dapat mengelola data dengan sangat baik. Hal ini terjadi karena server bergerak pada teknologi cloud computing (komputasi awan).

Di mana pun dan kapanpun, selama ada akses internet Anda akan sangat mudah menjangkau data maupun progam yang Anda perlukan. Sehingga, tidak khawatir lagi apabila sewaktu-waktu data rusak atau terkena virus. 

Jenis-Jenis Cloud Server

Ada banyak jenis cloud server yang tersedia, seperti public cloud, community cloud, private cloud dan hybrid cloud. Pada dasarnya, semua cloud server sama-sama berfungsi sebagai ruang peyimpanan. Akan tetapi, ada perbedaan  dalam jenis data yang disimpan oleh cloud server. 

Ibarat sebuah lemari/rak buku perpustakaan, setiap ruangnya mempunyai jenis buku yang bermacam-macam. Lemari dirancang sedemikian rupa untuk menyesuaikan jenis buku yang akan diletakkan di dalamnya. 

Contohnya, jika Anda ingin menyimpan data web hosting, Anda dapat memanfaatkan jenis hosting seperti WordPress Hosting , Shared Hosting, dan lainnya. Tapi, lain halnya jika Anda hanya ingin menyimpan file pribadi yang tida ada hubungannya dengan website, Anda dapat menggunakan jenis clouds server yang  bersifat privat seperti cloud VPS. Peyimpanan ini bekerja seperti layaknya penyimpanan file online semisal Dropbox dan Google Drive.

Bagaimana Cloud server bekerja?

Cara kerja cloud server cukup sederhana,  yaitu dengan mengggabungkan beberapa server menjadi satu server raksasa. Misalnya, jika ada 30 server di pusat data, mereka akan dikombinasi seolah adalah satu server raksasa. Semua data kemudian akan disimpan pada penyimpanan awan yang merupakan gabungan komputer dan server yang membentuk sebuah satuan cluster.

Kelebihan menggunakan cloud server

Ada banyak kelebihan yang dapat kita peroleh dari menggunakan Cloud server ini.  Berikut adalah sejumlah kelebihan yang didapatkan.

1. Mampu menyimpan beragam data

Ada banyak jenis data yang dapat kita kelola mengunakan cloud server, yaitu data personal, data aplikasi maupun hosting. Hal ini selaras dengan beragamnya jenis cloud server yang tersedia seperti public cloud, community cloud, private cloud dan hybrid cloud. Hal inilah yang dapat memudahkan peminatnya dalam memenuhi kebutuhannya. 

2. Bisa diakses dari perangkat manapun

Saat hendak menjangkau data-data yang akan digunakan,  perangkat Anda tidak sengaja tertinggal atau rusak. Hal ini tentu membuat Anda frustasi. Namun, tidak perlu khwatir karena Anda dapat mengaksesnya dari perangkat yang lain baik melalui desktop, mobile, atau tablet. 

3. Bisa diakses oleh siapapun, kapanpun dan di mana pun 

Dalam membangun sebuah bisnis, Anda tentu tidak hanya sendiri. Butuh banyak orang untuk berkolaborasi. Karena itu, clouds server ini memudahkan tiap orang untuk mengakses data yang sama dalam satu perusahaan di mana pun dan kapanpun. Pastnya dengan sistem keamanan yang terpercaya. Tidak hanya di dalam negeri saja, saat di luar negeri pun Anda tetap bisa mengakses data yang Anda perlukan dengan cepat.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis dan Kelebihan Menggunakan Cloud Server"